Trend komputer di abad-21













Personal Computer
Trend
PC di abad 21 akan mengarah ke very personal computer. Bila PC sekarang bisa dipakai bergantian oleh beberapa orang, maka nantinya satu orang akan mempunyai minimal satu very personal computer. Very personal computer ini berupa komputer yang selalu siap sedia menemani penggunanya yaitu mobile computer. Mobile computer ini bisa berupa notebook/laptop, ultra mobile pc, pocket pc, mobile phone, pda, dan jenis mobile computer lainnya.

Trend ini ditandai dengan semakin murahnya dan tingginya kemampuan mobile computer. Bila kita datang ke toko komputer di mangga dua (Jakarta), atau mall ambassador (Jakarta), maka yang banyak dijual adalah notebook/laptop. Bermunculannya produk-produk ultramobile PC, PDA, handphone yang berkemampuan canggih, juga merupakan pertanda trend ini.

















Business Computer
Business Computer di sini maksudnya adalah komputer yang dipakai untuk kepentingan bisnis, misalnya di kantor. Kantor-kantor ke depan trendnya akan mengurangi anggaran untuk membeli desktop PC. Anggaran akan digunakan untuk membeli laptop/notebook. Ya, akan menuju ke very personal PC juga, jadi karyawan akan menggunakan komputer tersebut di kantor maupun di rumah.

Trend ini terlihat dengan banyaknya karyawan yang menenteng laptop mereka ketika masuk kerja, dan pulang kerja.

Bagaimana dengan perusahaan dengan budget rendah? Mereka akan beralih ke centralized computer. Yaitu satu komputer server yang bisa dipakai bersama-sama oleh beberapa orang secara bersama-sama. Satu server, beberapa monitor, beberapa keyboard, beberapa mouse, dan mengerjakan aplikasi yang terpisah.

Pada tahun-tahun sekarang centralized computer memang ditinggalkan, tetapi dengan kemampuan hardware, cpu, memory yang meningkat berlipat-lipat berdasar hukum Moore dan beban kerja yang cenderung tetap, diprediksi centralized computer akan kembali muncul.

Anggaran perusaahan akan diarahkan untuk membeli komputer server. Pembelian server untuk centralized computer ini relatif lebih murah dibanding dengan pembelian banyak desktop PC.













Supercomputer

Supercomputer trend ke depannya pada awal abad 21 ini, masih menggunakan sistem distributed dan pararel processing, banyak cpu, banyak memori, banyak hardware dan memakan tempat.

Dengan trend kemampuan hardware yang meningkat, supercomputer diprediksi akan lebih sedikit memakai hardware dan tempat. Bisa jadi supercomputer kedepannya sebesar desktop PC sekarang.

Note:

Prediksi trend komputer di atas merupakan hasil analisis SuGem dengan melihat kecenderungan yang ada. Prediksi di atas tidak dijamin untuk benar 100%. SuGembel.com tidak bertanggung jawab atas segala hal yang timbul akibat prediksi di atas.

0 komentar: